Suku Julu

Suku Julu, adalah suatu kelompok masyarakat adat yang terdapat di kabupaten Aceh Singkil daratan. Suku Julu ini sering disebut sebagai bagian dari suku Singkil, kadang disebut juga sebagai bagian dari kelompok suku Pakpak, selain itu mereka juga sering disamakan dengan suku Boang.

Dari penuturan beberapa masyarakat suku Boang, dahulu mereka memang berasal dari daerah Boang Pakpak, mereka telah lama tinggal di wilayah ini. Dari segi kepercayaan mereka adalah penganut agama Islam berbeda agama dengan suku Boang yang berada di wilayah kabupaten Pakpak Bharat adalah penganut agama Kristen. Mereka lebih suka menyebut diri mereka sebagai orang Julu atau suku Julu, dan beberapa dari mereka malah menyatakan mereka berbeda dengan suku Boang. Selain itu mereka juga tidak mau disebut sebagai bagian dari suku Singkil.
Secara budaya, suku Julu berbeda dengan suku Singkil, dan bahasa yang diusung oleh suku Julu, juga lebih berkerabat dengan bahasa Pakpak. Hal ini menunjukkan bahwa suku Julu, walaupun mereka menyatakan sebagai suku tersendiri, yang memiliki bahasa dan budaya sendiri, apabila ditelusuri lebih dalam kemungkinan mereka memang berasal dari rumpun yang sama dengan suku Pakpak.

Suku Julu saat ini sebagian besar memeluk agama Islam, akibat pengaruh dari budaya dan tradisi masyarakat di kabupaten Aceh Singkil yang pada umumnya beragama Islam. Tetapi adat dan budaya suku Julu sampai saat ini masih tetap dipertahankan, walaupun sedikit tidaknya agak terpengaruh oleh budaya Islam.

Suku Julu sebagian besar hidup sebagai petani di dataran tinggi, seperti bertanam sayur-sayuran, dan berbagai jenis tanaman lain.

sumber:

Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment