Suku Boang

Suku Boang, adalah suatu komunitas masyarakat adat yang hidup dan bermukim di dekat aliran sungai sungai Simpang Kanan dan sungai Simpang Kiri yang secara teritorial berada dalam kabupaten Aceh Singkil dan kota Subulussalam Aceh.

Pada umumnya masyarakat lain di luar suku Boang, biasanya mengasosiasikan suku Boang sebagai sub-suku Pakpak atau kadang disebut sebagai suku Pakpak Boang. Menurut suku Pakpak, bahwa suku Boang merupakan salah satu dari 5 suak (puak) Pakpak. Berbeda dengan anggapan suku Klasen, bahwa suku Boang merupakan bagian dari suku Dairi, yang terdiri dari suku Klasen dan suku Boang. Sedangkan bagi masyarakat suku Singkil, bahwa suku Boang tidak lah ada, melainkan orang Boang adalah orang Singkil yang mengaku sebagai orang Boang.

Lain lagi menurut anggapan masyarakat Boang, sebagian dari mereka justru perebutan status kelompok antara suku Pakpak, Dairi dan Singkil, membuat mereka justru menyatakan bahwa suku Boang bukan bagian dari suku Pakpak, Dairi maupun Singkil. Anggapan yang ada pada orang Boang adalah karena mereka memiliki marga-marga sendiri yang berbeda dengan yang dimiliki oleh suak-suak Pakpak, Dairi apalagi dengan suku Singkil.
Tapi, kalau ditelusuri lebih dalam, antara orang Boang dengan orang Pakpak maupun Dairi, hampir tidak ada perbedaan yang berarti, karena memang secara sejarah, mereka semua berasal dari nenek moyang yang sama.

Marga-marga pada suku Boang:
  • Barat
  • Berampu
  • Kombih
  • Malayu
  • Padang
  • dan lain-lain

Dari banyak studi memperlihatkan bahwa perubahan wilayah tempat tinggal, latar belakang sosial, dan latar belakang kebudayaan yang telah mengalami proses dalam jangka waktu yang lama bisa merubah identitas kesukubangsaan bagi suatu kelompok masyarakat. Selain itu pertumbuhan kelompok yang pesat serta tekanan dari kelompok lain yang lebih dominan juga berpengaruh membuat suatu kelompok ingin membangun komunitas yang berbeda dengan yang lainnya.

Masyarakat suku Boang, hidup pada bidang pertanian, seperti berladang dan berkebun. Hal ini umum dijalani oleh masyarakat pegunungan pada umumnya. Perkembangan kehidupan masyarakat suku Boang, seiring waktu meningkat dengan pesat pada berbagai bidang profesi, seperti menjadi pedagang, pada sektor pemerintahan maupun swasta.

sumber:

Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment