Suku Simsim

Suku Simsim, adalah suatu kelompok masyarakat adat yang merupakan salah satu suak (puak/ sub-suku) dari suku Batak Pakpak yang terkonsentrasi di kecamatan Kerajaan dan Salak, berada di kabupaten Pakpak Bharat di provinsi Sumatra Utara.

Orang Simsim, menyebut diri mereka sebagai orang Simsim, tapi juga mengaku sebagai orang Pakpak, atau sebutan lain sebagai orang Batak Pakpak Simsim.

Secara adat-istiadat dan budaya, orang Simsim tidak lah berbeda dengan puak Pakpak lainnya, seperti puak Pegagan, Kepas, Klassen dan Boang. Bahasa yang diucapkan oleh suku Simsim adalah bahasa Pakpak. Tidak berbeda dengan bahasa puak Pakpak lainnya, hanya terdapat perbedaan dialek saja, yang membedakan suku Simsim ini dengan puak Pakpak lainnya.

Mayoritas suku Simsim ini memeluk agama Kristen, seperti yang dianut oleh masyarakat Pakpak pada umumnya. Sekelompok kecil tetap mempertahankan agama tradisional mereka, seperti ugama pelebegu.

Seperti etnis-etnis Batak pada umumnya, orang Simsim juga memiliki marga, yaitu Solin, Padang, Bancin, Banurea, Barasa (Brasa), Brutu, Manik Kecupak, Gajah, Kabeakan, Lembeng, Sitakar, Tinendung, dan Padang Batanghari. Terdapat beberapa kerumitan dalam marga-marga suku Pakpak, beberapa marga yang berasal dari puak Pakpak lain, kadang lebih merasa sebagai puak Simsim. Begitu juga beberapa marga pada puak Simsim, kadang merasa sebagai puak lainnya. Tetapi itu tidak menjadi masalah bagi mereka karena mereka merasa masih berada dalam lingkup Batak Pakpak juga. Selain itu ada juga beberapa marga yang memiliki keterkaitan dengan marga-marga dari Batak Toba, juga dengan marga dari Batak Karo bahkan dengan Batak Alas di wilayah Aceh.

Masyarakat suku Simsim ini, sebagian besar hidup pada bidang pertanian. Seperti kebanyakan masyarakat yang hidup di daerah dataran tinggi, yang rata-rata memiliki kegiatan sehari-hari sebagai petani. Beberapa memilih bercocok-tanam pada sayur-sayuran. Selain itu beberapa pada tanaman keras seperti kopi arabica.

sumber:
  • protomalayans: suku simsim
  • blog.ghobro.com
  • marganda-tanjung.blogspot.com
  • silahisabungan.idweblink.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

Share/Bookmark

No comments:

Post a Comment