4 Orang Batak Yang Hadir di X-Factor

Satu ajang populer di stasiun televisi RCTI adalah X-Factor yang menarik perhatian sebagian besar pemirsa di Indonesia. Ajang X-Factor menyajikan hal yang berbeda dengan kompetisi-kompetisi lain, seperti Indonesia Idol dan Indonesia Mencari Bakat. Karena dalam ajang ini bukan keindahan suara yang diutamakan, tetapi mencari sesuatu yang lain dari seorang penyanyi, yang dimaksud dengan Faktor X.

Beberapa orang putra-putri Batak ikut bertarung dalam ajang ini, dan sampai hari ini masih bertahan karena memang dari penampilan-penampilan yang ditunjukkan layak untuk selalu lolos ke babak selanjutnya.

Berikut 4 putra-putri Batak yang hadir di ajang X-Factor:

1. Isa Raja
Isa Raja
(kabar24,com)
Putra Batak bermarga Lubis berasal dari Bandung ini memiliki penampilan yang nyentrik, memakai sekitar 7 anting di telinga kiri dan kanannya. Selain itu Isa Raja juga kerap melakukan gerak-gerak unik dan aneh, seperti berjingkrak-jingkrak bahkan berbaring terlentang di atas panggung. Pada awalnya tingkah polah Isa Raja ini tidak terlalu diterima oleh para pemirsa Indonesia. Maklum budaya kita di Indonesia ini belum terbiasa melihat atraksi seperti yang dibawakan oleh Isa Raja ini. Oleh karena itu Isa Raja sempat 2 kali berada di bottom two, karena memperoleh raihan sms yang rendah. Tapi untunglah 2 kali juga dia selamat. Lambat laun pemirsa Indonesia pun mulai bisa menerima Isa Raja, dan sebagian besar berbalik mendukung Isa Raja, sehingga di babak selanjutnya Isa Raja pun selalu lolos ke babak selanjutnya.

Isa Raja merupakan penyanyi bergenre Rock. Kekuatan karakter rock nya terbukti membawanya sampai ke babak Gala Show X-Factor Indonesia, dengan menunjukkan peningkatan yang pesat, yang dimentori Beby Romeo. Terbukti setiap penampilannya selalu menampilkan kejutan dan menuai hasil positif dari setiap dewan juri.

Profil:
Nama: Isa Raja Parlindungan Loebis
Panggilan: Inoeng
Tempat/ Tanggal lahir:  Jakarta/ 31 Desember
Umur: 33 tahun
Jenis musik: Rock, Alternative Rock, Acoustic, Indie
Aktifitas: Photografer, grafik designer, vocalist, song writer, composer

2. Fatin Shidqia Lubis
Fatin
Gadis remaja Batak boru Lubis berasal dari Jakarta ini punya keunikan dalam hal suara. Fatin yang berusia 16 tahun ini, bahkan mampu menarik perhatian George Levendis, juri X factor dunia yang juga kawan akrab Simon Cowell. “Fatin making an impact on the XF in Indonesia!,”  tulis George melalui akun pribadinya @ HellasGL beberapa waktu lalu. Sebelumnya George juga memasang unggahan video Fatin menyanyikan Granade.

Penampilannya yang sederhana, selalu tersenyum manis dan terkesan lugu saat di panggung, benar-benar menggemaskan. Cewek berkerudung yang masih berusia 16 tahun ini, sudah mampu menarik perhatian publik sejak babak audisi. Bahkan, lagu Grenade milik Bruno Mars yang dinyanyikan di babak audisi, diam-diam diunggah ke Youtube oleh seseorang. Hasilnya sangat mengagumkan. Dalam waktu tiga minggu lebih dari 4 juta orang menontonnya. Kejutan lainnya video Fatin tersebut masuk ke situs resmi Bruno Mars.

Profil:
Nama: Fatin Shidqia Lubis
Tempat/ Tanggal lahir: Jakarta/ 28 Juni 1996

Dalam ajang ini Ahmad Dhani mengatakan Fatin diharapkan memiliki faktor luck. Sehingga, menjadi penyanyi berjilbab pertama yang terkenal.

3. Novita Dewi Marpaung
Novita
(solopos.com)
Gadis Batak boru Marpaung ini, sebenarnya sudah memiliki segudang pengalaman dalam industri musik Indonesia. Suara Novita sangat khas, memang mengesankan para juri X Factor Indonesia yang terdiri dari Bebi Romeo, Ahmad Dhani, Rossa dan Anggun. Bahkan Anggun mengatakan ia merasa iri dengan suara Novita yang sangat khas.
Novita adalah anak dari penyanyi Jack Marpaung, saat ini Novita dimentori oleh Bebi Romeo, mengatakan awalnya ia dan keluarganya sempat tak percaya dengan bakat menyanyi yang dimilikinya. Pasalnya, hingga usia 6 tahun, Novita sulit untuk berkomunikasi. Bicara saja tidak lancar. “Kami semua memang sangat bersyukur pada Tuhan, karena ini semua tidak pernah diduga”, ujar Novita.

Jam terbang tinggi sebagai penyanyi yang dimiliki Novita Dewi Marpaung, sempat membuat kontroversi di kalangan penonton ajang pencarian bakat X Factor Indonesia di dunia maya. Kemampuan bernyanyi yang dimiliki Novita, dianggap tak adil jika ditandingi dengan kontestan lain yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Novita memang sudah lama malang melintang di dunia tarik suara, bahkan sudah menelurkan beberapa album. Ia merupakan penyanyi yang sudah bergabung dengan label Nagaswara, dan beberapa kali menjuarai kontes menyanyi nasional dan internasional.

Novita pernah meraih peringkat pertama, pada “Astana International Song Festival” di Kazakhstan Rusia tahun 2005.

4. Alex Rudiart Hutajulu
Alex
(tribunnews.com)
Putra Batak bermarga Hutajulu ini berasal dari Medan, menjadi kontestan terakhir yang mendapatkan wild card, dan melengkapi 13 kontestan X Factor lainnya.
Karir awalnya dimulai dari penyanyi cafe yang mencoba-coba untuk mendaftar di ajang telent X Factor pertama di Indonesia ini. Butuh perjuangan yang keras untuk masuk dan lolos menjadi peserta ke-13 ini.

Penampilan demi penampilan Alex ternyata membuat para juri terpesona, karena kepiawaiannya membawakan lagu bertema Inggris maupun Indonesa dengan cara mengagumkan. Sosok Alex memang menjadi kontestan yang ditunggu-tunggu di kategory over 25 tahun. Alex menjadi andalan Beby Romeo di setiap minggunya.

Penampilan Alex yang menarik pun bagai perpaduan Arie Lasso dan Once, yang kedua mantan vokalis Dewa 19. Di luar itu ternyata Alex telah lama berpacaran dengan salah satu kontestan X-Factor, yaitu Novita Dewi Marpaung.

Profil:
Nama lengkap : Alex Rudiart Hutajulu
Asal : Medan
Genre : rock
Twitter : @AlexRudiartSoul
Facebook : Alex Rudiart

Itulah ke empat putra-putri Batak yang ikut berkompetisi dalam ajang X-Factor. Sebenarnya ada satu lagi gadis Batak yang ikut dalam ajang ini tapi tergabung dalam sebuah grup Ilussia Girl, dan gadis itu bernama Lusi Hasiana Sibarani. Sayangnya dalam penampilan terakhir mereka kurang mendapat dukungan dari para pemirsa Indonesia, karena menurut para pemirsa penampilan grup Illusia Girl tidak kompak dan terkesan ingin menonjol sendiri-sendiri. Dan akhirnya mereka masuk dalam bottom two dan harus kalah suara di tim juri yang lebih memilih Gede Bagus dari Bali.

Apakah dari ke empat putra-putri batak di atas ini, salah satunya bisa menjadi juara dalam ajang X-Factor ini ? Kita lihat saja ! Dah pastila itu !


Share/Bookmark

7 comments:

  1. semalam Alex Rudiart Hutajulu gugur di bottom two, Alex hanya dapat 1 suara dari sang mentor Beby Romeo, sedangkan Anggun memberi suara kepada anak muridnya Gede Bagus, penentuan tinggal di tangan Rosa dan Ahmad Dhani. Sayang Rosa dan Ahmad Dhani memilih Gede Bagus. Ada apa ini ? ada konspirasi ? padahal dari segi kualitas, jauh lebih bagus Alex Rudiart dari pada Gede Bagus.
    Tapi biarlah, para juri sepertinya memberi dukungan "hadiah ultah" kepada Anggun yang sedang berulang tahun, dengan memilih Gede Bagus.

    Tenang, masih ada 3 lagi putra putri Batak ... kita tunggu hasilnya !

    ReplyDelete
  2. Mikha Angelo juga halak hita bermarga Tobing; dan jangan lupa Lusiana Sibarani salah satu personil Ilusia Girls

    ReplyDelete
  3. satu lagi yg kelupaan, Dicky Adam Siregar juga halak hita

    ReplyDelete
  4. hostnya juga orang batak, Robby Purba

    ReplyDelete
  5. satu lagi Gilbert sihombing gugur seleksi pedaftaran heheheh

    ReplyDelete
  6. akhirnya yang menang si boru Lubis ... hehe

    sukses buat Fathin ....

    ReplyDelete
  7. kalau soal tarik suara pasti orang batak jagoannya

    horas bah !

    ReplyDelete