Mencari Asal Usul Orang Batak

Dari mana asal usul Orang Batak ?

Banyak berita dan cerita tentang asal usul orang-orang Batak. Salah satunya dari legenda suku Batak yang mengatakan orang-orang Batak seluruhnya berasal dari Pusuk Buhit, dari keturunan si Boru Deak Parujar, yang akhirnya menyebar menjadi kelompok-kelompok kecil yang tersebar ke seluruh wilayah Sumatra. Legenda ini begitu dipercayai oleh orang-orang batak yang bermukim di sekitar wilayah Samosir dan Danau Toba. Cerita ini agak berbau dongeng, tetapi sangat diyakini oleh orang-orang Batak, terutama yang berasal dari wilayah Toba. Tetapi banyak ditentang oleh etnis batak lainnya.

Mari kita lihat beberapa pendapat tentang dari mana orang-orang Batak itu berasal.

dari Thailand
Ada satu cerita yang mengatakan bahwa orang batak pada awalnya berasal dari daratan Thailand. Secara struktur fisik tubuh orang-orang Batak bisa dikatakan mirip dengan orang Thailand, yang memiliki struktur fisik seperti orang Batak, salah satunya memiliki rahang yang berbentuk kotak dan kuat. Tetapi untuk hal yang lebih detail masih samar-samar, karena tidak ada bukti sejarah yang mengatakan bahwa orang Batak berasal dari daerah Thailand.
Apabila diperhatikan dari segi budaya, sebenarnya ada juga unsur kedekatannya dengan beberapa suku di Thailand, suatu contoh pada suku Thao yang memiliki kain penutup kepala mirip dengan kain penutup kepala orang Batak Karo. Serta kain tenun suku Karen yang sangat mirip dengan kain tenun orang Batak Toba.
Apakah hal ini dapat diterima ? bisa saja ya ...

dari Burma
kain tenun suku Kachin
mirip nggak ya ?
Batak berasal dari Burma ? salah satu versi mengatakan orang Batak berasal dari Burma. Secara fisik, struktrur tubuh orang Batak memang mirip dengan orang Burma. Beberapa seni budaya pada beberapa suku minoritas di Burma ada yang mirip dengan budaya orang Batak. Tetapi apakah hanya mirip saja dapat dikatakan bahwa orang Batak berasal dari Burma ? belum tentu ya ? Beberapa kain tenun dalam budaya beberapa suku minoritas di Burma, seperti yang dimiliki oleh suku Kachin mirip bahkan nyaris sama dengan kain tenunnya orang Batak. Apa dulunya orang Burma sempat hijrah dan bermigrasi ke wilayah Tanah Batak dan bermukim di pedalaman hutan Sumatra, dan menurunkan orang Batak ? Sedangkan dari segi bahasa, bisa dikatakan bahasa-bahasa di Burma beda kali lah dengan bahasa-bahasa pada rumpun Batak. Sepertinya hal ini perlu didalami lebih lanjut, dan harus lebih banyak dibicarakan.
jadi apakah orang Batak dari Burma ? mungkin ....

dari Assam India
suku Mizo di Mizoram, India
mirip nggak dengan batak ?

bajunya benar-benar mirip
Satu cerita mengatakan orang Batak berasal dari daerah Assam India. Dilihat dari budaya orang dari daerah Assam, kalau yang dimaksud adalah orang dari daerah India Selatan, seperti suku Mizoram, suku Manipuri dan suku Naga, memang banyak terdapat kemiripan budaya dan tradisi dengan orang Batak, seperti rumah adat dan kain tenun yang diolah mereka nyaris sama dengan ulos nya orang Batak Toba, Humbang, Silindung, Samosir, Angkola dan Mandailing. Coba lihat di gambar sebelah kiri. 
Cara mereka memakainya juga dibentangkan di bahu kiri atau kanan, sama seperti cara-cara orang Batak. Salah satu tradisi dari suku Naga di India, mempunyai kebiasaan menyanyi dan paduan suara, yang mirip dengan kebiasaan menyanyi dan paduan suara orang Batak, terutama orang Batak dari daerah Toba, Humbang, Silindung, Angkola dan Samosir. Dilihat dari bahasa, memang berbeda, hanya ditemukan beberapa kata saja yang memang mirip. Hal ini belum bisa dibuktikan, karena tidak ada sejarah tertulis yang menjelaskan secara detail mengenai hal ini. Orang Mizoram ini yang paling bisa dikatakan paling mirip dengan orang Batak. Walaupun ini hanya spekulasi. Jadi, apakah cerita di atas bisa diterima ?

dari Yunnan, China Selatan
suku Boeyi di China Selatan kain kepala mirip
dengan punya orang Karo, Pakpak dan Simalungun
Cerita lain yang sempat diterima oleh orang banyak, adalah orang batak berasal dari daerah Yunnan, di China bagian Selatan, yang bermigrasi bersama kelompok proto malayan, yang terusir oleh bangsa Mongol yang menginvasi wilayah mereka, sehingga kelompok proto malayan ini terdesak ke daerah pesisir, dan di daerah pesisir mereka juga terdesak oleh bangsa Arya dan bangsa Hindu. Yang mana akhirnya mereka terpecah belah tersebar ke seluruh wilayah Asia Tenggara, mulai dari daerah Indochina, Formosa hingga ke pulau dan kepulauan di Asia Tenggara, termasuk salah satunya adalah kelompok nenek moyang orang batak yang terpecah sebagian ke sumatra dan sebagian ke filipina. Tidak tahu apakah info ini akurat, karena ini juga merupakan spekulasi para peneliti sejarah.  Tapi ya, bisa saja ...

dari Formosa, Taiwan
Menurut seorang peneliti, orang Batak berasal dari Formosa, karena daerah Formosa dianggap sebagai asal mula pertama penyebaran suku bangsa Austronesia. Salah satunya termasuk orang Batak. Tetapi adakah budaya di Formosa yang mirip dengan budaya orang Batak ? kalau kita perhatikan satu persatu bahasa yang digunakan di Formosa memiliki banyak persamaan dengan bahasa Batak. Walau ada bahasanya yang mirip dengan bahasa orang Batak, tetapi budaya dan tradisi di Formosa sangat mirip dengan budaya orang Dayak dan orang Minahasa, serta dengan orang di Filipina. Jadi, apakah orang Batak berasal dari Formosa ? bisa jadi ...


dari Vietnam
suku Hmong,
mirip orang batak mana ya?
Ada satu versi lain dari Vietnam, pernah tanpa sengaja terbuka dan terbaca pada suatu situs di web, sayangnya saya lupa alamatnya, dikatakan kalau orang Batak berasal dari Vietnam, hal ini membuat penasaran, apa kah ada salah satu budaya suku di Vietnam yang mirip dengan orang Batak ? saya tidak tahu apa ada hubungan sejarah dengan orang Batak, tetapi kalau mirip-mirip ada juga. Tapi mirip saja, belum bisa dipastikan orang Batak berasal dari Vietnam kan ? bahasanya juga berbeda. Memang dari Vietnam, ada beberapa suku-bangsa yang termasuk rumpun Proto-Malayan (Proto Malayo) seperti orang Batak yang juga Proto Malayan, tetapi tetap saja dilihat dari bahasanya tidak mirip.
Jadi orang Batak dari Vietnam, mungkin nggak ya?

dari Toraja
rumah adat Toraja
mirip nggak dengan rumah Batak
Berikutnya ada sebuah spekulasi lain yang mengatakan bahwa orang Batak berasal dari keturunan orang Toraja yang bermigrasi ke daerah Sumatra. Dilihat dari budaya, gaya hidup, rumah adat dan seni patung pada orang Toraja memang mirip dengan budaya, gaya hidup, rumah adat dan seni patung orang Batak. Tetapi kalau dilihat dari tradisi orang Toraja yang hidup di pegunungan, dan tidak mempunyai tradisi sebagai pelaut, maka rasanya tidak mungkin orang Toraja bermigrasi menyeberang laut sampai ke wilayah Tanah Batak. Diperkirakan dahulunya kemungkinan orang Toraja dan orang Batak, memang berasal-usul dari satu rumpun yang sama. Sayangnya tidak ada bukti-bukti tertulis mengenai hal ini, jadi hal ini masih dianggap sebagai spekulasi... bisa diterima ? boleh jadi...

dari Sumatra Selatan
Satu lagi, cerita asal usul orang Batak, justru berasal dari daerah lain di luar wilayah Tanah Batak, tepat nya dari daerah Sumatra Selatan. Konon, pada masa dahulu, ada 2 orang bersaudara (2 kelompok bersaudara) yang bermigrasi dari suatu tempat di seberang lautan, berlabuh dan mendarat di pesisir pantai pulau Sumatra bagian selatan. Kedua kelompok bersaudara ini sering bercanda, mengenai siapa yang lebih tua di antara mereka. Pada suatu hari, kedua bersaudara ini memutuskan untuk berpisah. Satu kelompok menuju Danau Ranau dan bermukim di sekitar pesisir danau Ranau dan menjadi suku Komering dan Pasemah. Sedangkan satu kelompok lagi masuk ke pedalaman hutan Sumatra, yang akhirnya sampai di Danau Toba, dan bermukim di Danau Toba, ini lah yang menjadi suku Batak.
Apakah cerita ini bisa diterima ? mungkin saja...


dari Komering
Satu lagi cerita yang dianggap masih terkait yang diambil dari cerita rakyat dari daerah Komering dan Lampung, Konon nenek moyangnya orang batak yang bernama si Raja Batak memiliki dua saudara lagi. Seorang bernama Bone dan yang satu lagi bernama Lapung. Bone pergi menyeberang lautan, ke daerah Sulawesi. Di sana dia beranak-pinak dan menjadi puak yang besar bernama Bone sesuai dengan nama kakek moyang mereka. Sedangkan yang bungsu, si Lapung pergi ke daerah Sumatera Selatan yang kemudian menurunkan suku Komering dan Lampung.
Ini hanya sebuah cerita rakyat, yang terpelihara sejak dahulu pada masyarakat suku Komering dan suku Lampung. Untuk menguji kebenaran kisah ini, tentunya perlu pembahasan lebih lanjut. 

dari suku Mon, Malaysia
Satu hal yang cukup mengejutkan, karena dalam satu forum disebut bahwa orang batak di Sumatra berasal dari suku Mon dari Malaysia. Suku Mon, berasal dari Thailand, yang telah bermigrasi ke Malaysia, ratusan-ribuan tahun yang lalu, dan dianggap sebagai salah satu orang asli (aslian) di Malaysia. Kaum (suku) Mon ini lah yang menurunkan orang Batak dan orang Minang (topix.com) dan (http://atlantisunda.com), Konon, karena terdapat persamaan gen, dan orang Batak katanya memiliki gen sekian persen sama dengan orang Mon di Malaysia. Jangan-jangan sebagian orang di Malaysia benar-benar menganggap bahwa orang batak memang berasal dari suku Mon di Malaysia.
wah .. jadi garuk kepala awak ni..  tapi mungkin nggak ya? jangan-jangan iya pulak ... hehe

dari Laos atau Mongolia
Beberapa cerita asal usul lain, yang mengatakan kalau orang batak berasal dari Laos atau Mongolia ... bahkan ada tulisan di sebuah situs di web, mengejutkan ! dikatakan bahwa orang Batak berasal dari bangsa Atlantis... wah !

dari Israel
lalu ada yang lebih mengejutkan bahwa orang Batak berasal dari salah satu suku Israel yang hilang... wow !
Ada seorang batak yang tinggal di Israel, mengusulkan sebuah proposal ke pemerintah Israel, agar orang Batak diakui sebagai salah satu dari 10 suku Israel yang hilang. Setelah dilakukan pendalaman oleh Pemerintah Israel, segala adat, agama tradisional, tradisi budaya, kebiasaan, karakter, tarombo dan segala sesuatunya disetujui oleh pemerintah Israel, tetapi hanya satu yang menjadi kendala, karena hilangnya garis keturunan, pada leluhur si Boru Deak Parujar (urutan keturunan sebelum si Boru Deak Parujar). Kalau dilihat dari karakter orang Batak, memang mirip dengan orang Israel, yaitu: mulai dari pariban, keras kepala, mau menang sendiri, suka mendominasi, bicara blak-blakan, suara keras, tidak suka diperintah-perintah, malah suka perintah sana perintah sini .... he he...  tapi... entahlah ! benar atau tidak, biar pusing, biar pening... semua hanya perkiraan, spekulasi, anggapan dan tebak-tebakan saja... 

cerita lain, yang berhubungan
Ada suatu cerita yang tidak tau berasal dari mana, konon orang Lampung berasal dari orang Batak, yang satu ini bukan tentang asal usul orang Batak, tapi masih berhubungan lah mungkin sama orang orang Batak. Tapi benar atau tidaknya .. perlu ditinjau lebih dalam..
        Zaman dahulu ketika meletus gunung berapi yang menimbulkan Danau Toba. Setelah gunung itu meletus, ada empat orang bersaudara yang berusaha menyelamatkan diri. Salah satu dari empat saudara itu bernama Ompung Silamponga, terdampar di Krui, Lampung Barat. Ompung Silamponga kemudian naik ke dataran tinggi Belalau atau Sekalabrak.
       Dari atas bukit itu, terhampar pemandangan luas dan menawan hati seperti daerah yang terapung. Dengan perasaan kagum, lalu Ompung Silamponga meneriakkan kata, "Lappung" (konon berasal dari bahasa Batak kuno yang berarti terapung atau luas).
       Dari kata inilah timbul nama Lampung. Ada juga yang berpendapat nama Lampung berasal dari nama Ompung Silamponga itu.


Hasil Penelitian Terbaru, dari Manchuria, dan Dong Son
Satu hal yang baru dilakukan oleh oleh Prof DR Bungaran Antonius Simanjuntak bersama Dr Thalib Akbar Selian MSc (Lektor Kepala/Research Majelis Adat Alas Kabupaten Aceh Tenggara), Drs S Is Sihotang MM (mantan Bupati Dairi), dan Nelson Lumban Tobing (Batakolog asal Universitas Sumatera Utara), yang melakukan penelitian dan mengumpulkan sejumlah fakta untuk menyatakan bahwa orang Batak berawal dari bangsa Manchuria, tepatnya dari daerah Mongol, Mereka menemukan bukti bahwa nenek moyang orang Batak mulai dari tanah Gayo, Alas, Singkil, Sumatra Utara hingga sebagian kecil Sumatra Barat, berasal dari suku Manchuria, yang bermigrasi ke Indochina, dan menurunkan suku Dong Son di Vietnam (sebuah kebudayan purba suku bangsa Dong Son di Vietnam yang mirip dengan budaya Batak), dan meneruskan perjalanan ke Filipina, kemudian ke Sulawesi, Toraja. Kemudian turun ke Tanah Bugis Sulawesi Selatan, dan mengikuti angin Barat dengan berlayar ke arah Lampung di wilayah Ogan Komering Ulu, dan menuju Pantai Timur Sumatera, dan mendarat di Kampung Teluk Aru di daerah Aceh. Dari Teluk Aru ini, suku Manchuria yang terus bermigrasi itu naik ke Tanah Karo, dan kemudian meneruskan perjalanan hingga sampai ke Pusuk Buhit, Danau Toba. Setiap daerah yang dilalui oleh keturunan suku bangsa Manchuria, biasanya memiliki kesamaan dalam budaya, tradisi, dialek dan mengusung budaya Dong Son. Penelitian tentang asal usul nenek moyang orang Batak juga diperkuat melalui sejumlah literatur, antara lain, Elizabeth Seeger, Sejarah Tiongkok Selayang Pandang, yang menegaskan nenek moyang orang Batak dari Suku Manchuria, dan Edmund Leach (Rithingking Anhtropology ) mempertegas hubungan vertikal kebudayaan Suku Manchuria dengan Suku Batak.
ah lain lagi ni, dari suku Dong Son atau Manchuria rupanya orang Batak itu ? betul nya ?!!


Ada suatu hal yang aneh pada orang Batak, padahal sejak awal etnis batak telah mengenal tulisan, tetapi mengapa tidak ada satupun catatan yang tersimpan tentang asal usul mereka dari mana mereka sebenarnya. Yang ada hanya tentang nenek moyang orang batak yang berasal dari Siboru Deak Parujar, yang itupun tidak diketahui berasal dari mana, yang akhirnya hanya memunculkan spekulasi-spekulasi yang meragukan.

Orang Batak awalnya bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain, nama Batak mungkin suatu sebutan baru buat mereka sejak mereka hidup di daratan Sumatra. Kemungkinan orang Batak dulunya memiliki identitas dengan nama lain. Hal ini umum untuk nama berubah karena memasuki wilayah baru. Anggota keluarga Batak telah bermigrasi melalui berbagai wilayah dan negara dalam sejarah yang panjang.

Asal usul suku Batak sampai saat ini tetap menjadi misteri, mereka tetap menjadi suatu keunikan tersendiri yang memiliki budaya yang kontras dengan suku bangsa di sekelilingnya yang rata-rata berbudaya Melayu.

Suku Batak, adalah salah satu suku tertua di Indonesia, berangkat dari tidak dikenal, terpencil, terasing, (mungkin primitive dan kanibal) di tengah pedalaman hutan belantara Sumatra, saat ini tumbuh menjadi salah satu suku yang paling dikenal di Indonesia ....
siapa yang tak kenal Batak ? hayo angkat tangan ! 

diolah dari berbagai sumber
foto:
  • expeditioncargo.com
  • chinaodisseytours.com
  • wisatadanbudaya.blogspot.com
  • wijanarko.net

Share/Bookmark

87 comments:

  1. Replies
    1. orang batak/suku batak/bangsa batak berasal daru Tuhan YME

      Delete
  2. Senang bangt membca silsilah org btak
    teruskan penelitianya y

    ReplyDelete
  3. bingung nai puang. bahat tumang cerita ni asal mula ni batak on...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bingung ya kak ?
      he he ... memang banyak spekulasi tentang asal usul orang batak.
      tapi terus kita telusuri, paling tidak cari budaya2 di luar sana yang mirip dan bisa dikaitkan dengan orang batak.
      mauliate da ito..

      Delete
  4. sy lbh setuju kalo asal usul orang batak dri ISRAEL/ARAB, krn ada yg menyebutkan orang batak berasal dri timur tengah, tak jelas apakah arab ato israel/yahudi...krn arab dan israel dulunya gabung ( israel tinggal di negara arab ) kesamaan dng arab dan israel arang batak punya marga yg berasal dri nama kakek2nya orang arab juga! untuk israel apakah ada sy kurang tauu, dan orang arab punya tradisi menikahkan anak nya dng anak pamannya orang batak juga!wahhhh mana ini yg benar!....yg pasti sy pernah dengar langsung ada orang arab pandai berbahasa indonesia bicara langsung dng sy dng gaya bahasa indonesia orang batak persis tanpa beda sedikitpun logat dan gaya intonasi baasanya!...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang Israel makan orangkah? Saya dengar hal ini terjadi pada misionaris dari Jerman yang mencoba masuk tanah Batak sebelum Nomensen?

      Delete
    2. orang israel atau orang batak sob ?
      memang ada cerita bahwa dahulu beberapa misionaris sempat ditangkap oleh orang batak primitif, dimasukkan ke dalam kandang hewan, karena mungkin dianggap sebagai makanan.
      tapi tidak bisa dipastikan cerita2 ini betul atau tidak ...

      Delete
  5. muka orang BATAK YG ASLI YG KERAS/ yg kelihatan muka kampungnya( istilah biasa di sebut orang ) akan malah mirip dng suku kibti di mesir ( suku firaun...arab mesir yg bercampur arab,kibtidan afrika membuat muka mereka beda dng suku arab teluk...dan orang bila di cerna lbh dalam lagi apa yg membedakan muka orang mesir dng suku arab teluk di mesir itulah dia ciri2 paras yg di miliki orang batak! semakin mencolok perbedaan muka orang arab mesir tsb semakin dkt rupa parasnya dng orang batak dan semakin keras muka orang batak begutulah parasnya orang mesir yg asli, dng rambut keriting dan adapula yg stengah keriting/ikal2 istilah kampung sya!...

    ReplyDelete
  6. ada yg mengatakan arti BATAK adalah keras kokoh tegar dan ada yg mengatakan artinya adalah gemar menunggang kuda.....benar ato tdk namun memang betul dulunya orang batak gemar menunggang kuda...sehingga suku batak itu dulunya pindah dan berpindah lagiii dari tempat ketempat yg lain dng menungang kuda!...sehingga pecah dri batak toba muncul batak mandailung dan ankola dll!...di dunia ini yg palinggg gemar kuda dan selalu buat perlobaan kuda yahhh jelas arabbbb...sampai nama kota medan dari bahasa arab/tanah lapang danau toba/baik,bagus...lohhh knpa bahasa rab gak mirip dng batak? seperti sy bilang tadi muka orang batak mirip dng suku kibti/firaun bukan arab, namun dng percampuran dikit2 mungkin saja dri mesir pindah ke vietnam dan pindah ke thailand dan pindah ke sumatra utara...mereka bawa istilah dan kalimat2 arab dikit2 dan ini terjadi sblum dtangnya ISLAM /2000 tahunan silam dst...ktika itu mesir blm di isi suku arab hanya ada SUKU KIBTI/FIRAUN DAN SUKU KAN,AN/SUKU NABI MUSA YAITU ISRAEL...israel itu adalah gelar panggilan nabi YA,QUB... banyak orang salah sangka terutama islam krn buruknya kelakuan israel dia menyangka kalimat israel itu jelek namun itu adalah gelar bagi nabi ya,qub dri bahasa mereka sendiri!...kalau ada yg bilang asal orang batak dri ISRAEL yg hilang itu salah krn ISRAEL DI USIR DRI JAZIRAH ARAB KRN KELAKUANNYA YG PERSIS SEKARANG INI SELALU MENYIKSA ORANG...terjadi pda masa turki usmani...gak sampai 1000 tahun silam sdngkan batak sdh ada di sumut...NAMUN BISA JADI BENAR NAMUN BUKAN DRI YG HILANG TAPI MALAH DARI ASAL INDUKNYA ISRAEL tsb ktika masih di mesir...ada yg bilang dri suku kibti lbh setju sy krn parasnya hampir sama...cuman orang batak pendek krn selalu makan nasi/ karbohidrat tak berserat dan sedikit konsumsi protein dan zing serta kalsium yg menyebabkan sama dng suku asia lain...kalau semua yg mengatakan asal usul batak dri ini itu namun bahasanya beda maka perlu di teliti apakah ada kesamaan bahasa kibti dng batakk.... kalau dri muka sama! adat juga/ mungkin adat kerab2an dan sedikit bahasa arab mereka bawa ktika berpindah dri mesir/afrika ke arab dan asia tenggara kemudian terakhir ke indonesia.
    yg pasti adat istiadat batak mirip arab
    1/ menikah dng anak paman/ boru tulang. sorry tulisan di atas menikahkan anak dng anak paman salah tulis.
    2/ marga dri ayah dan marga itu berasal dri nama kakek2nya terdahulu.
    3/ pemarah, keras kepala.
    mirip dng israel:
    1/ menikah dng anak paman/ boru tulang.
    2/ pemarah, keras kepala.
    3/ ingin menguasai dan merajai tapi bukan dri system kekuasaan dan kerajaan tapi jalan lain seperti ekonomi...dll
    mirip dng suku india:
    1/ ulos.
    2/ sedikit bahasa.
    mirip dng kibti mesir :
    1/ paras muka.
    2/ rambut.
    bahasa tdk sy ketahui krn bahasa kibti juga mungkin sulit di dapt perlu penelitian ... di krnkan mereka sdh mengguakan bahasa arab. namun ini lbh mendekat krn perserupaan muka sdngkan kesamaan yg lainbisa di dpt dri perpindahan mereka dari satu tempat ke tempat yg lain hingga sampai di sumatra utara!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini masukan baru, dan berharga buat kami, terima kasih ya bang,
      untuk suiku Kibti di Mesir, sepertinya mereka berbicara dalam bahasa Persia dengan dialek Kibti, tapi mengenai kemiripan kita belum telusuri.

      mengenai anak yang dibolehkan nikah dengan anak dari saudara laki2 ibu (tulang), hal ini juga ada di salah satu suku Israel, mungkin2 saja ada hubungan keterkaitan di masa lalu, tapi hal ini sulit ditelusuri apakah memang orang batak berasal dari salah satu keturunan Israel yang hilang, atau juga mungkin berhubungan dengan suku Kibti, tentunya harus melibatkan para pakar untuk meneliti lebih lanjut masalah ini. Tapi kami tetap berusaha mencari terus tentang masa lalu orang-orang batak, dan apa yang pernah dialami orang batak di masa lalu sehingga bisa terdampar di pulau sumatra ini.

      sekali lagi terima kasih bang anonim.

      Salam

      Delete
  7. http://old.nabble.com/BANGSO-BATAK-TOBA,-KETURUNAN-ISRAEL-YANG-HILANG-tc14521213.html




    NI REFERENSI DARI SAYA

    ReplyDelete
  8. yang paling benar dari indochina atau cina selatan, GEN tidak bisa berbohong, suku2 di indonesia kecuali papua mempunyai gen yang sama dengan orang2 di asia timur & asia tenggara yaitu gen Haplo group O, silakan di search google.. dari ras pun orang indonesia trmasuk batak tergolong ras mongoloid sama seperti orang asia tenggara lainnya, asia timur (jepang cina korea mongol), polynesia, suku indian amerika (eskimo, aztec, navajo, inca dll)Lain halnya dengan bangsa Arab atau israel yg lbih brkerabat dengan orng eropa & india msih dalam lingkup RAS kaukasia, mempunyai gen yang sama Haplo group H

    ReplyDelete
    Replies
    1. trims Josephine, ini memang komen yang paling bisa diterima akal, dilihat dari gen memang begitu seharusnya.
      Hanya saja kita disini mencoba mencari-cari (walaupun hampir tidak mungkin ya) orang batak sebelum ada di tanah batak berasal dari daerah mana, paling tidak mencari kesamaan budaya, bahasa, perilaku, tradisi, bahkan mungkin kepercayaan purbanya, barangkali saja kita bisa menemukan setitik terang. Mungkin kalau dari Israel terlalu jauh dan amat berbeda ya .. Jadi kita lihat-lihat lah dari India (assam, manipur, dll), atau dari belahan asia selatan, timur, indochina, dan formosa yang paling memungkinkan.
      Trims ya Josephine atas kunjungannya.
      Salam kenal.

      Delete
  9. Dri Thailand terus ke Barus, dari Barus ke Pakkat lanjut ke Parlilitan, lalu ke Dolok Sanggul. Ketika akan menuju Sidikalang, di Tele mereka memandang ke kanan dan melihat Danau Toba dan melihat keindahan Danau Toba dan merasa bahwa di sana pasti ada ikan sebagai sumber kehidupan maka merekapun memutuskan untuk tinggal di sana (Pusuk Buhit). Awalnya mereka mengaku sebagai orang Thailand akan tetapi lama-kelamaan terdengan menjadi Thatea bulan.

    ReplyDelete
  10. trims ... masukannya bang,

    ReplyDelete
  11. Blog yang sangat membantu....mauliate da bang....

    siapapun keturunan kita...jangan pernah malu jadi Halak BATAK

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya betul kali bang..
      bangga la kita jadi Halak Batak, tak peduli apapun agamanya ... yang terutama bersatu halak batak semuanya

      Delete
  12. Replies
    1. makasih bang .. udah berkunjung

      Delete
  13. Menurut cerita masyarakat lampung. Bebatak, Bebugis, Lapung, adalah 3 orang kakak beradik yg memimpin rombongan imigran dari Yunan China Selatan, yg terdampar d pulau sumatera bagian selatan. Lapung menetap d dataran danau ranau sumsel, bebatak masuk lebih jauh kepedalaman dan menetap di dataran danau toba, sementara rombongan bebugis meneruskan perjalanan dan terdampar d sulawesi.
    Hipotesa sy:
    batak,bugis,lapung/lampung memiliki byl kesamaan.
    1. Sama-sama keras dalam hal watak dan intonasi bicaranya.
    2. Sama-sama memiliki aksara yg sangat identik.
    3. Sama-sama mempunyai marga.
    4. Sama-sama memiliki ratu(raja) pada masing2x sub suku.
    5. Agama nenek moyang sama-sama animisme & dinamisme.dan sam2x menggunakan kerbau dlm ritual persembahan/upacara adat(dahulu).
    6. Bahasa sama-sama bukan bahasa melayu pada umumnya.
    Meskipun menurut ahli sejarah dan peneliti bahasa, Bahasa batak,lampung & bugis d golongkan dlm bahasa melayu kuna(kuno). Yg jelas kita tergolong ras Asia tenggara.

    semoga menambah wawasan kita.
    Horas..!3x
    hidup Batak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu ya bang..
      makasih bang, jadi tambah terus wawasan kita ni ...
      salam

      Delete
  14. Kok waktu main ke Makasar Sulsel hampir gak ada bedanya sama adat batak yah lae. Dari logat, dari upacara adatnya hampir sama, apalagi pakaiannya terutama daerah Toraja sana yang masih kental adatnya. Paras2 muka2nya juga hampir sama. Yah walaupun gak sama persis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, memang logat orang batak sangat berbeda dengan logat2 yang ada di sumatra, malah lebih mirip dengan logat orang-orang dari wilayah Tengah dan Timur Indonesia. Paling mirip justru dengan orang Toraja dan Makasar. Bentuk rumah juga mirip, adat, marga, dan tradisi, dan mungkin dari segi bahasa juga terdapat banyak kemiripan.
      Mungkin saja bang, zaman opung2 moyang kita dulu, orang Batak dan Toraja bisa saja satu kampung, waktu masih di Yunnan, atau Formosa atau juga dari suku-suku Naga di Assam, India Selatan yang banyak kemiripan dengan orang-orang Batak.

      Delete
  15. Iya makanya lae, aku main kesana cepat juga interaksi sama masyarakat disananya soalnya udah kayak di kampung sendiri, cara bersosialnya, cara bercandaannya cepat ngertinya. Apalagi dengar ciri khas lagu daerahnya wahh udah kayak dengar lagu batak nada2nya. Gak kayak kalau orang batak main ke Jawa berbeda total. Gak tau jugalah kalau nenek moyang/opung2 kita dulu ada satu darah dengan mereka. Mungkin saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang, sama Toraja, mungkin sekitar 70% kita bisa dibilang sama, tapi itu lah bang sulit sekali menelusuri masa lalu kita, sampek tak ada pulaknya sejarah yang memastikan perjalanan opung2 kita di masa lalu. Cuma ada legenda-legenda yang memang bangsa protomalayan memiliki legenda yang mirip2.
      tapi kalo kita lihat ke daerah Assam, India Selatan yang juga memiliki ras mongoloid, banyak sekali kemiripan dengan orang Batak, terutama suku2 Naga di Mizoram, Tripura dan Assam. Tradisi dan lagu2 mereka juga hampir sama. Tapi mereka juga mirip sama orang Dayak dari Kalimantan. Semua masih jadi misteri bang ...

      Delete
  16. coba kajih huruf aksara Batak dengan aksara huruf lontara Makassar. Lumayan menarik untuk dikajih itu wak. Lihat dimana sisi kemiripannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aksara Batak, memang mirip dengan aksara makassar, juga mirip dengan aksara Lampung, trims bang ... nanti kita pelajari lagi ...

      Delete
  17. SUKU NIAS lah Dari Vietnam, bukan BATAK.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu ya bang (atau kakak),
      memang dugaan paling kuat kita semua berasal dari berbagai tempat (salah satunya mungkin dari Vietnam), dari perjalanan migrasi awalnya, mereka akhirnya hidup di wilayah yang berdekatan (kebetulan di pulau sumatra ini).
      Mungkin saja orang Nias memang datang dari Vietnam. Tapi yang tidak bisa dipungkiri memang orang Nias, Mentawai, Gayo, Toba, Karo, dan lain-lain, serta semua rumpun yang dikategorikan "batak" terdapat persamaan gen yang sangat kuat. Jadi dilihat dari sini bisa saja awal-awalnya kita semua berasal dari tempat yang sama (entah di mana), menyebar ke Vietnam, Burma, Thailand, Formosa, India dll., dan salah satu kelompok keturunan2nya menyebar ke Nias, Mentawai dan Enggano.

      trims ya udah berkunjung ke lapak kita ini.

      Delete
  18. Blog yang sangat menarik :) terima kasih.

    Menilik asal-usul , mengaduk-aduk asal muasal , sebab akibat, kronologis perjalanan waktu dan tempat yang menghasilkan apa yang kita kenal sekarang sebagai suku, ras, adat istiadat batak memang bukan perkara yang mudah untuk menemukan jawaban yang paling otentik, karena memang pada dasarnya kita sangat tergantung dengan hasil olahan pemikiran dan penilitian dari bangsa barat , yang berkembang terutama pada era kolonialisme.

    Dan hal tersebut mengundang tanda ragu juga mengenai keabsolutannya mengenai per-batakan kita, karena memang ada visi, misi dan peranan penentu dari kepentingan pihak barat dalam pengkotak-kotakan kelompok, sehingga meminimalisir suatu simbiosis dan perekatan antara pribadi,group,kelompok,golongan,kalangan di berbagai daerah yang terpisah secara geografis untuk melawan kehendak dan kekuasaan dari bangsa barat yang notabene tanpa adanya divide et impera dan divide ut regnes, adalah mustahil untuk mengkontrol dan memperbudak daerah jajahannya dalam jangka waktu yang panjang.

    Di luar hal tersebut kita juga harus ingat bahwa perbedaan antara fisik dan budaya (dari segi aksara, tata cara, gaya bicara, produk budaya dan karakteristik lainnya) tidak berdiri secara otonom dan mandiri bebas tanpa kekang dan campuran. Bahwa sinergi dari masuknya pengaruh luar melalui pintu perdagangan maupun kepentingan lainnya membawa pengaruh besar bagi perkembangan kebudayaan itu sendiri dan dalam hal ini faktor Agama yang lekat dengan budaya pembawanya (baik India,Arab maupun Cina) mempunyai peranan yang sangat besar.

    Kerajaan-kerajaan di Nusantara ini mulai dari masa Hindu-Budha: Kutai, Sriwijaya hingga Majapahit dan kemudian berjayanya kesultanan-kesultanan Islam melalui Ternate,Malaka,Demak dan Mataram di era masuknya VOC memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kekayaan budaya yang terserap,tersirat maupun tersurat , yang diambil,dicampur maupun dimentahkan. Bahwa hal ini saya kedepankan untuk memperkaya hubungan maupun perbedaan yang mungkin cukup mendasar antara satu suku dengan yang lainnya. Kita tidak bisa menampik bahwa secara fisik tidaklahlah ada perbedaan mendasar antara suku-suku di barat maupun tengah Nusantara, seperti yang telah diungkapkan salah satu teman di atas bahwa secara gen kita mempunyai garis yang linear dengan Mongoloid, dan kemudian adanya corak-corak tersendiri hal ini sangat dimungkinkan dengan faktor alam, letak geografis maupun juga perkawinan campur dengan ras lain dan hal ini tentu lebih besar tingkatnya di pusat-pusat perkembangan kerajaan maupun kesultanan tanah air.

    Tekanan di tulisan ini adalah lebih ditekankan pada saat era akhir abad pertengahan hingga memasuki awal jaman modern, di masa masuknya kebudayaan dan peradaban baru dari luar hingga pada puncaknya ketika masuknya bangsa barat secara massal yang kemudian berkembang menjadi penjajahan yang kontribusinya sangat besar dalam menentukan apa yang kita kenal sekarang dengan suku BATAK.

    Adapun tidaklah salah untuk mencari tahu, membahas dan menggali lebih dalam segala kemungkinan yang bisa saja memang demikian, namun yang terpenting adalah kesadaran dari kita semua mengenai perubahan yang terjadi di sekeliling kita mengandung unsur dari luar yang sangat kuat dan faktor bawaan kita adalah bisa saja sebenarnya bukanlah hak eksklusif dari suku batak namun inklusif dan warna yang ada di dalamnya merupakan persembahan yang dimungkinkan oleh sinergi kekuatan antar dari dalam dan luar suku BATAK.

    Akhir kata, mari kita terus berdiskusi karena memang diskusi merupakan salah satu karakter yang melekat dari akar adat istiadat kita , tidak perduli itu asli atau serapan atau penerimaan secara utuh yang pasti kita bangga dengan apa yang kita miliki dan terus berevolusi tiada henti, demi diri,keluarga,kelompok,suku dan bangsa dan negara ini.

    HORAS

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulasan yang cermat dan menarik sekali bang,
      memang benar, dilihat dari gen kita semua memang sangat terkait, bahkan dengan etnis Sunda dan etnis2 lain di Indonesia pun mungkin2 saja ras batak ini ada keterkaitan, tapi karena panjangnya perjalanan nenek moyang kita di masa lalu, belum lagi akibat pengaruh kerajaan2 yang mempengaruhi budaya asli masyarakat adat, serta masuknya kolonial Belanda sejak 300 tahun yang lalu, banyak merubah tradisi masyarakat adat asli, dan terjadi pengkotakan-pengkotakan seperti sekarang ini.

      trims bang, untuk kunjungan dan komennya.
      salam

      Delete
    2. orang batak sebenarnya berasal dari korea tunggu jawabannya .....??

      Delete
    3. dari korea ! masak ? ada referensi nya bang ?

      Delete
  19. Kalau dilihat dari Genetik: Suku Batak Toba mempunyai campuran yang paling mirip dengan Jawa dan Bali yaitu kasarnya 60% Austro-asiatic (O2a) dan 40% Austronesia (O1). Yang lebih awal datang tentunya gen Austro-asiatic, namun karena sangat kecilnya persentasi genetik O3 yang mewakili campuran populasi Dai (thai), Han (china) maka kemungkinan Orang Batak, Orang Gayo, Minang, Jawa, dan Bali awalnya datang dari India selatan dan lewat darat menyebar pelan2 sampe Bali sekitar 20ribu tahun lalu. Dan terakhir baru sekitar 5000 tahun lalu Orang austronesia dari Kalimantan bagian selatan menyebar ke Bali dan Jawa dan Sumatra yang akhirnya membentuk bahasa dan kebudayaan yang ada sekarang. Suku Melayu dari Kalimantan bagian utara menyebar ke Sumatra bagian timur dan Malaysia yang ada pengaruh gen O3.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi lebih besar austroasiatic nya (60%) ? unsur austronesia nya masih lumayan kuat ya (40%), tapi kalau dilihat dari dasar bahasa yang digunakan sangat jauh dengan austroasiatic, dan lebih condong ke austronesia ya ...

      dengan Jawa dan Bali kalau dilihat dari dasar bahasa, terdapat sekian persen kemiripan bahasa, tapi dilihat dari struktur fisik dan tulang sepertinya agak berbeda.

      mengenai kemungkinan berasal dari India Selatan bisa diterima, tapi berasal dari ras mongoloid yang memang menjadi mayoritas wilayah India Selatan ya ...

      trims sob, untuk ulasannya, menambah wawasan bagi kita2 disini
      salam kenal

      Delete
    2. Komposisi ini hanya berlaku untuk suku Batak di pegunungan di sekitar danau toba yang dianggap mewakili masa lalu. Suku Batak secara keseluruhan malah kebalikan 50% austronesia dan 40% austroasiatic, ditambah gen dari India barat (Bengal dan Tamil) yaitu R dan gen china (O3).

      Dari segi kebudayaan dan bahasa bisa dibilang suku Batak hampir 100% Austronesia.

      Dari segi struktur fisik, 20.000 tahun dan perbedaan daerah dan makanan bisa mengubah apa saja, dari struktur tulang bahkan warna kulit.

      Delete
    3. oh begitu ya ..
      salut buat abang atau mas Andrianto,

      trims ya untuk tambahan dan masukannya
      jadi masukan berharga buat kami,
      salam kenal

      Delete
  20. Ikutan ya mungkin bisa sumbang info dan manfaat
    Ini dari sumber yang lain, maaf kalau sudah ada yang pernah posting:

    The Batak are one of about 70 indigenous peoples of the Philippines. They are located in the northeastern portions of Palawan, a relatively large island in the southwest of the archipelago. There are only about 500 Batak remaining. Also called Tinitianes, the Batak are considered by anthropologists to be closely related to the Ayta of Central Luzon, another Negrito tribe. They tend to be small in stature, with dark skin and short curly or "kinky" hair, traits which originally garnered the "Negrito" groups their name. Still, there is some debate as to whether the Batak are related to the other Negrito groups of the Philippines or actually to other, physically similar groups in Indonesia or as far away as the Andaman islands.
    dari:
    http://www.forumbiodiversity.com/showthread.php/2308-Negritos-%28southeast-asia%29/page2

    http://en.wikipedia.org/wiki/Batak_(Philippines)

    Pernah ada penginjil orang Batak pergi ke Filipina untuk mengabarkan kabar baik di sana dengan menggunakan bahasa batak karena bahasa tagalog ada kemiripan dengan bahasa batak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya .. memang di Filipina ada suku Batak di pulau Palawan, mereka hidup terpencil di pegunungan. Beberapa perbendaharaan kata juga ada kemiripan dan persamaan dengan bahasa batak di Indonesia. Tapi sepertinya mereka berbeda, karena secara fisik mereka adalah ras negrito, berbeda dengan batak di Indonesia yang ras mongoloid. Belum diketahui apa ada keterkaitan sejarah masa lalu antara batak filipina dengan batak indonesia, mungkin hanya kesamaan nama suku saja ya..
      coba lihat di:
      http://protomalayans.blogspot.com/2012/01/suku-batak-di-filipina.html

      sedangkan istilah Batak, Batta, Bataq dan Batech coba lihat di:
      http://planetbatak.blogspot.com/2012/08/batak-batta-batech-dan-bataq.html

      Orang Batak memang memiliki kemiripan dengan bangsa-bangsa di Filipina, seperti Igorot, Bontoc dan Illocano. Tapi semua masih samar2 ...

      trims ya untuk masukannya ..
      salam kenal

      Delete
    2. Terima kasih atas referensinya mudah2an asal usul orang Batak mendatangkan banyak manfaat untuk kemajuan suku Batak.

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. nice post !!
    kunjungi bali ya: http://yantibatax.blogspot.com/

    ReplyDelete
  23. Batak itu Bangso/Bangsa Batak dr terminologi bahasa Bangsa lebih besar dr pada suku....sehingga bangso batak lah yg menyebar kemana mana. Jadi saya setuju kalu bangsa batak itu adalah salah satu dari Bangsa Israel yg hilang......ada banyak persamaan budaya / adat batak dngn Israel....coba anda baca Alkitab...sya kasih cnth 1 saja: pernikahan Pariban!yg lain menyusul ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lae, tentang pariban memang terdapat persamaan antara orang batak dengan orang Israel. ini merupakan misteri.. tapi masih sulit ditelusuri apa ada hubungannya antara orang batak dengan orang israel, masalahnya dilihat dari gen orang batak yang ras mongoloid berbeda dengan orang israel yang termasuk ras kaukasoid.

      trims lae masukannya
      salam

      Delete
  24. lae terima kasih karna sudah meletakkan link situs saya di blog ini,
    tapi tolong keterangannya di ganti lae,
    linknya tetap sama
    tapi judulnnya jadi
    ''SITUS JODOH KRISTEN dari Etnis Suku Batak''
    kalau bisa
    mauliate godang

    ReplyDelete
  25. kalo test dna batak dekat suku karen di burma. buku nya ada di gramedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang batak dengan orang Karen di burma dan thailand, memang banyak persamaannya dalam tradisi hidup, juga seni tenunnya yang memang nyaris sama. Beberapa ahli sejarah berpendapat orang Karen termasuk bangsa austronesia, sama dengan batak. Tapi bahasa Karen merupakan bahasa Sino-Tibetan, beda sama bahasa batak yang merupakan bahasa Austronesia.

      Mungkin saja ompung2 kita ribuan tahun lalu satu kampung sama orang Karen di negeri asalnya ya ...
      boleh tahu judul bukunya apa bang yang di gramedia ? jadi penasaran juga ni..

      trims ya

      Delete
    2. Siapapun Keturunan Orang Batak adalah hal yang tidak terpisahkan dari segala sejarah dunia,sosilogi,georgrafi dan lainnya...Tetapi Orang batak punya pendirian teguh..sekeras gunung yang tak mungkin pindah..tetapi bisa meletus.Orang Batak Adalah Orang Gunung..
      -Terimakasih-
      -Jhonny-

      Delete
  26. sebenarnya org batak itu berasal dari medan sumatra utara...
    kira2 begitulah pendapat saya....

    horas

    ReplyDelete
  27. Banyak sekali pendapat tentang asal usul orang Batak. Dari manapun itu asalnya yang penting jadilah orang Batak jadi garam dan terang sesuai dengan Firman Tuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang,
      setuju kali lah kita itu
      Gbu

      Delete
  28. izin copy bisa ga bang ?
    buat blog aku yang isinya tugas2 kampuss

    ReplyDelete
  29. http://bataksisialagundi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  30. mungkin agak aneh,dan sebahagian kalangan tidak menerima.Karena sudah sempat mengagungkan apa yg diketahui di puja dan dimiliki yaitu peninggalan nenek moyangnya.Tetapi saya yakin apa yg ku tulis ada kebenarannya.Kalau juga menurut teman2 juga sama mohonndi bantu untuk mengembangkannya.Ada sedikit analisa saya bahwa sisingamangaraja bukan murni awalnya bukan murni berjuang membela tanah sumatra dari penjajah.Tapi lebih cendrung ingin mengembangkan kepercayaan ugamo Malim,karena beliau adalah raja malim.Dan setahu saya Tukkot Tunggal Panaluan sampai saat ini tidak jadi dibuat secara sempurna.

    ReplyDelete
  31. mantap lae tapi pusing juga belajar sejarah,hehehehhe
    tetap lanjutkanlah lae. kalau bisa lebih banyak hasil penelitianlah daripada pendapat. (kalau bisa ya lae hehehehe)
    #batak rantau lae

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke lae,
      tapi kadang pendapat dari berbagai sumber penting juga lae untuk perbandingan saja... ya .. hehe

      Delete
  32. Dalam sejarah kelahiran Yesus Kristus (Isa A.S) ada hubungan Orang Batak dengan Bangsa Israel yakni mari kita baca
    Matius 2: 1-11
    2:1 Sesudah Yesus dilahirkan di Betlehem di tanah Yudea pada zaman raja Herodes, datanglah orang-orang majus dari Timur ke Yerusalem
    2:2 dan bertanya-tanya: "Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia."
    2:3 Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem.
    2:4 Maka dikumpulkannya semua imam kepala dan ahli Taurat bangsa Yahudi, lalu dimintanya keterangan dari mereka, di mana Mesias akan dilahirkan.
    2:5 Mereka berkata kepadanya: "Di Betlehem di tanah Yudea, karena demikianlah ada tertulis dalam kitab nabi:
    2:6 Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang memerintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel."
    2:7 Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak.
    2:8 Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia."
    2:9 Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada.
    2:10 Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka.
    2:11 Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

    Kemenyan dan mur (Kapur Barus) hanya ada di Sumatera Utara, bahkan lebih mahal dulunya kemenyan dari pada emas,... JELASLAH hubungan Orang Batak dan Orang Israel sudah lama. Batak itu adalah pecahan dari bangsa Israel.... Sifat Mirip, apalagi yang suka tinggal di Bukit... lebih kontrasnya lagi menikahi Perempuan dari Anak Gadis Tulang (Saudara Laki dari Ibu Kandung sendiri) kalau di ARAB pernikahan tidak pandang bulu.... saya sudah alquran tidak ada kesamaan dengan adat-istiadat batak,.. saya baca Alkitab Bible adat-istiada Israel kuno mirip dengan Adat-Istiadat Batak hingga sekarang.... saya pengen semua teman mencari dan menggali asal usul batak

    ReplyDelete
    Replies
    1. masuk akal juga bang ...
      berarti dari jaman dulu kita sudah berhubungan atau ada hubungan dengan orang Israel, tapi kita selalu kesulitan menelusurinya, karena banyak sekali misteri masa lalu kita yang hilang.

      Delete
  33. Batak itu 90% subetnis mongol, budaya mongol 90% mirip etnis han(china)
    Persamaan batak dgn han (china) :
    ~Tradisi tarombo, batak di itung berdasar nomor/ ditanyakan nomor generasi, org han mengetahui nomor/ generasi dari nama ke-2 misal chow yun fa, yun=penanda generasi
    ~pemanggilan keluarga luar dan keluarga dlm
    Opung doli suhut = (lai) kong/angkong
    Opung boru suhut = (lai) mak/amak
    Opung doli bao = (gua)kong, gua=luar
    Opung boru bao = (gua) mak
    Namboru = koko/ako, adek perempuan papa
    Tulang = angku/aku, adek laki2 mama
    Amang boru = atio, suami dari tante kita
    Tante. = a-i , adek perempuan mama
    Suku2 di nusantara tdk ada pemanggilan pembagian pihak laki dan perempuan sejelas ini kecuali batak, dan di china hal ini sangat umum.
    ~ alat musik tiup SARUNE, han china jg ada musik tiup ini, jika di tiup kedua pipi peniup membengkak
    ~ tengkorak, pengalian kembali kubur utk diambil tengkorak yg sudah meninggal dan di taro dlm tempayan/guci besar. (Saat ini org han/ tionghoa sudah bnyk yg memakai kremasi/ sistem penguburan dgn biaya lbh murah dikota besar)
    ~ MARGA, penanda keturunan/ nama keluarga, hal yg sangat penting bagi org batak dan org han/china/tionghoa
    ~ tidak mengenal istilah MERID/ MENIKAH pada istilah jaman dahulu. Yg dikenal adalah:
    *mangoli= chua, laki2 membawa wanita masuk dlm keluarganya sbg istrinya
    *muli= ke/qe, wanita ikut pada laki2 yg menjadi suaminya/ menikah keluar
    ~ babi utuh dlm acara pernikahan, batak di bikin saksang, han/china tdk dimasak tapi dlm keadaan utuh dr kepala-ekor dalam acara mangoli/ laki2 meminang wanita. Tradisi ini dlm org han/china bnyk yg diganti dgn ayam maupun anak babi yg ukurannya lbh kecil

    Saya tionghoa han, istri saya batak toba
    Keluarga saya, tepatnya angkong saya punya anak angkat org batak (bapatua saya) dan papa saya bisa berbahasa batak toba.
    Anak saya tentu la campuran tionghoa-batak
    SPARTA, SEPARO BATAK begitu saya biasa menyebut anak2 saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi pak Taketa Lauta, besar kemungkinan ada kaitannya dengan bangsa Han, karena beberapa versi asal usul Batak mengatakan dulunya nenek moyang orBat dari tanah Mongol atau tanah Tionghoa, dijelaskan berasal dari Yunnan. Kemungkinan tradisi tarombo, sebutan kekerabatan dan banyak lagi tetap diamalkan dan dibawa dari tempat asalnya ke tempat orang batak sekarang, hanya saja sebutannya mungkin berubah sesuai dengan bahasa batak yang digunakan selama bermigrasi ke sumatra.

      trims pak Taketa untuk kunjungannya, masukannya baik sekali.
      salam kenal.

      Delete
    2. Lebih tepat nya diatas yunnan, sub etnis mongol, pada jaman skg ini ada sebagian sejarah subetnis sudah menjadi bagian Han, yg membedakan marga nya, yaitu marga ganda, misal : OUYONG , Marga ini pada jaman bahola bukan etnis han, tp marga dari sub etnis mongol.

      Oh ya 1 hal lg yg paling penting dan paling mirip dgn budaya han dan saya rasa tidak ada dlm budaya lain adlh.
      TULANG ITU RAJA dlm acara pernikahan, etnis han juga ada adat/ tradisi itu, dlm bahasa MIN SELATAN/ hokien KUBU ONG artinya ya sama dgn tulang itu raja
      Nb : sebagian ada yg mengesampingkan tradisi ini, sebagian lagi masih kuat memegang tradisi ini.

      Delete
  34. Aku sbg org batak sdikit pn tk stuju dgn pndpat d artikel ni krn kbnykan mnfsir..
    Dan aku lbh prcya dgn apa yg dblg oppung ku,klw org batak itu kturunan guru tatea bulan, bkn.drsna atau drsni...



    Knp org2 tdk mnafsirkan klw suku2 yg ada dluar sana tu brasal dr bgsa batak yg mrantau....?

    Batak tu lain dr yg lain tk bs dtafsir kan
    Batak tu bgsa yg bsr tk prlu dsma kn dgn suku2 minoritas dluar sna....

    Klw klen mmg org batak tk prlu prcaya dgn kata2 org lain cukup prcya dgn kata2 oppung klen...!!!

    ReplyDelete
  35. Yang lebih mendekati yang dari india itu karena dari sistem tarombonya, pakaian tariannya dan sifatnya sangat khas di dunia ini

    ReplyDelete
  36. Hello...boleh tinggalkan komentar kan??
    Suku Batak itu saya rasakan ada mirip dengan Suku Dusun di Sabah,Malaysia....saya tidak katakan mereka berasal dari malysia tapi cara percakapan mereka itu ada sama dengan kami kaum dusun..perkataan "bah" mereka sama dengan kami..pakaian tradisi mereka juga hampir sama dengan kami...perwatakan batak yang rata-rata pandai menyanyi dan menari juga sama dengan kaum dusun di sabah,Malaysia....
    setakat perkongsian saja....Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello juga kak Sherlyleng, memang banyak mirip dengan kaum Dusun Sabah, bisa jadi dulunya kita kaum batak dan kaum dayak Dusun memang satu asal usul, nanti kami telusuri juga ya tentang kaum Dusun.
      trims ya, untuk kunjungannya.
      Salam kenal dan kompak selalu

      Delete
  37. Itulah teka teki muasal batak, sebenarnya teka teki tersebut terjawab jika suku batak bersatu salah satunya bersatunya batak islam dan kristen yang telah lama sering perbedaan paham, jika bersatu maka Peti Batu hobol bisa terbuka yang konon isinya kitab sejarah batak pertama kali ada di pusuk buhit

    ReplyDelete
    Replies
    1. gitunya bang ? baru tau saya itu....
      ya kita harap orang2 batak islam dan kristen bisa bersatu, jangan sampai terjadi perselisihan, karena semua adalah bersaudara. Jangan sampai agama memisahkan persaudaraan kita.
      Tentang batu hobol itu bikin penasaran juga...

      Delete