Suku Batak Humbang

suku Batak Humbang
Suku Batak Humbang, adalah salah satu puak Batak yang berdiam di kabupaten Humbang Hasundutan dan juga di kabupaten Tapanuli Utara yang berada di Siborongborong, Dolok Sanggul, Lintongnihuta dan sekitarnya. Populasi suku Batak Humbang diperkirakan sebesar 1.500.000 orang.

Suku Batak Humbang, sebelumnya merupakan bagian dari suku Batak Toba. Hanya saja karena terjadi pembagian wilayah, menyebabkan seakan-akan suku Batak Humbang adalah komunitas yang berbeda dengan suku Batak Toba. Antara suku Batak Humbang dengan suku Batak Toba secara adat-istiadat dan budaya serta bahasa memang hampir tidak bisa dibedakan. Perbedaan hanya karena perbedaan nama wilayah, dan kemungkinan terdapat perbedaan dialek yang sangat tipis.

rumah adat
Secara sejarah masa lalu, suku Batak Humbang merupakan satu kesatuan dengan suku Batak Toba. Tidak diketahui dengan pasti, mengapa sekarang ada istilah suku Batak Toba, Batak Humbang, Batak Silindung dan Batak Samosir, yang memang sebelumnya seluruh puak lebih dikenal dengan sebutan suku Batak Toba.

Marga pada suku Batak Humbang, adalah:
Sihombing yang mempunyai 4 orang putera dan marga, yaitu:
Silaban, Lumban Toruan, Nababan, dan Hutasoit.

Mayoritas suku Batak Humbang memeluk agama Kristen, hanya sebagian kecil saja yang masih mempertahankan agama tradisional seperti Malim dan Pelbegu. Beberapa orang yang memeluk agama Islam terjadi akibat perkawinan dengan suku-suku lain.

"huta" perkampungan Batak Humbang
Masyarakat suku Batak Humbang sebagian besar hidup sebagai petani, seperti bertani di sawah dan ladang. Saat ini telah banyak kemajuan yang dicapai oleh suku Batak Humbang ini, karena banyak dari masyarakat suku Batak Humbang yang sukses di perantauan. Sedangkan yang menetap di wilayah Humbang, juga banyak yang bekerja di sektor pemerintahan maupun swasta.

sumber:
  • protomalayans
  • sirajabatak.com
  • tobatabo.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain
sumber-foto:
  • explow.com

Share/Bookmark

2 comments:

  1. Apa bedanya Batak ini dengan Batak Toba, Amang? Kampungku di Lintong ni Huta

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada bedanya amang, cuma karena saat ini dipisahkan menjadi beberapa kabupaten, maka timbullah istilah2 ini yang sebenarnya jadi membuat bingung, dan terkesan ingin memecah orang batak toba menjadi beberapa bagian. Pada dasarnya Humbang, Samosir dan Silindung tetaplah Batak Toba.
      Horas amang

      Delete