Mirip Rumah Batak di Samudra Pasifik

Di belahan lain, jauh dari pusat kehidupan orang-orang Batak di Sumatra Utara, di tengah lautan luas di tengah Samudra Pasifik, ada suatu fenomena yang sangat menarik, yaitu ada beberapa Rumah Tradisional milik orang Palau yang sangat mirip dengan rumah adat orang Batak Toba.

Hal ini mungkin tidak ada kaitannnya, atau bisa saja mungkin ada kaitannya, tapi pastinya terlalu rumit untuk ditelusuri, lagipula awak ni bukan lah seorang pakar, jadi 'tuk sementara kita tengok-tengok aja la dulu yaa...

Beberapa Rumah Tradisional di Palau, yang bernama "Bai"

(source: http://wherearerickandlea.blogspot.com)
(source: http://www.nationsonline.org)
(source: http://www.everyculture.com)
(source: http://indigenousjesus.blogspot.com)

(source: http://www.sailblogs.com)

(source: http://lovelymaryam.wordpress.com)
Sebenarnya banyak foto lainnya, kalau masih penasaran cari di Opung Google aja ya ...

Sedikit info tentang Palau:
Rumah tradisional orang Palau yang termasuk ras Austronesia-Malayo-Polynesia, sama dengan ras orang-orang di Asia Tenggara, yang bernama rumah "Bai" ini, dahulunya digunakan sebagai tempat tinggal mereka, yang terakhir digunakan untuk tempat pertemuan dan pusat komunitas orang Palau.
Rumah "Bai", beberapa rumah disediakan untuk para kepala suku atau tetua, sedangkan rumah Bai yang lain digunakan untuk kegiatan lain seperti pendidikan dan pelatihan. Rumah tradisional Bai dibangun dari balok kayu yang didukung oleh batu, dengan atap jerami, dan tanpa menggunakan paku. Rumah Bai dihiasi dengan gambar yang menceritakan kisah-kisah legenda Palau. Rata-rata bangunan rumah Bai telah berumur lebih dari 200 tahun.

Palau (Belauan), Pelew (Inggris), Los Palaos (Spanyol)
Nama Palau mungkin berasal dari nama sebuah desa Beluu. Palau terdiri dari beberapa budaya dan bahasa. Sedangkan etnis di Palau mendominasi, menghuni pulau-pulau utama di kepulauan ini, yaitu etnis Ulithi menetap di Atol Selatan Palau dari Hatohobei, Sonsorol, Fannah, Pulo Anna, dan Merir. Mereka berbicara bahasa Mikronesia. Saat ini kebanyakan tinggal di Koror (ibukota) dan juga berbicara bahasa Palauan dan Inggris.Kepulauan Palau terletak di Pasifik Barat, adalah bagian paling barat dari Kepulauan Caroline, bagian dari subdivisi geografis Mikronesia Oceania. Sebelah timur Mindanao Filipina dan sebelah barat daya Guam.





Sekarang kita tengok rumah orang Batak Toba. Coba bandingkan, sama ato nggak ?
Mirip tapi tak sama.

(source: http://batak-people.blogspot.com)
(source: http://en.wikipedia.org)
(source: http://www.thejakartapost.com)
(source: http://indonesia-traveler.com)

Share/Bookmark

1 comment:

  1. wooow keren! mungkin bisa dikaitkan sebenarnya Batak itu berasal dari mana.

    ReplyDelete